Wonderful Lombok – Festival Pesona Bau Nyale 2017 Sudah pernah dengar Kisah Putr…

Wonderful Lombok – Festival Pesona Bau Nyale 2017 Sudah pernah dengar Kisah Putr…

[ad_1]

Wonderful Lombok – Festival Pesona Bau Nyale 2017
Sudah pernah dengar Kisah Putri Mandalika dan Tradisi Bau Nyale di Lombok?
.
Di kabupaten Lombok Tengah terdapat beberapa objek wisata pantai yang sangat digemari wisatawan, baik wisatawan domestik maupun wisatawan asing. Salah satu dari sekian banyak objek wisata pantai yang paling fenomenal di wilayah ini adalah Pantai Seger Kuta, sebuah pantai berpasir putih yang berada di Pulau Lombok bagian selatan. Pantai Seger berlokasi tepat di sisi kiri Hotel Novotel Kuta, sekitar 65 kilometer jika ditempuh dari Kota mataram. Keindahan panorama pantai membuat para pelancong berdecak kagum dengan tempat ini, view alamnya yang masih alami, air lautnya yang jernih dan tenang, sungguh tempat yang ideal untuk berenang dan bercengkrama dengan air laut yang membiru.
.
Selain keindahan panorama pantai dan alamnya, Pantai Seger di Kuta Lombok juga memiliki banyak daya tarik yang tidak kalah eksotis bagi para pelancong. Sekali setahun diantara bulan Februari dan Maret, di Pantai yang berpasir putih merica ini diadakan sebuah pesta rakyat dan upacara budaya yang begitu populer yaitu “BAU NYALE”. Unsur kata “bau” dan “nyale” berasal dari bahasa suku Sasak Lombok dengan definisi “bau” yang berarti menangkap, dan “nyale” yang diartikan sebuah binatang laut sejenis cacing kecil yang hidup di karang dan lubang lubang batu dibawah permukaan laut.
.
Event Bau Nyale adalah sebuah perayaan dan tradisi yang begitu melegenda dan memiliki nilai sakral yang sangat tinggi bagi suku asli Sasak. Perayaan Pesta Bau Nyale ini berkaitan erat dengan sebuah cerita rakyat yang berkembang di bagian Lombok Selatan, yakni di masyarakat Desa Pujut khususnya, dan masyarakat Lombok umumnya. Cerita Rakyat tersebut menceritakan tentang seorang putri di jaman dahulu kala yang begitu terkenal arif dan bijaksana, Putri Mandalika namanya.
.
Dia adalah seorang putri yang berparas elok an cantik jelita dari seorang Raja yang berkuasa di Lombok. Wajah yang cantik, tubuhnya yang ramping dan perangainya yang baik, membuat para pangeran pangeran dari berbagai negeri di waktu itu ingin mempersuntingnya sebagai istri atau permaisuri. Setiap pangeran yang hendak datang melamarnya tidak ada yang ditolaknya. Namun, antara pangeran yang satu dengan pangeran pangeran yang lain tidak menerima jika sang Putri nan elok itu diperistri oleh banyak pangeran. Hal ini dianggap akan menjadi sumber peperangan antara kerajaan yang satu dengan lainnya. Hal itu pulalah yang membuat Putri Mandalika gelisah bukan kepalang, ia selalu menyendiri dan termenung, berfikir agar tidak terjadi pertumpahan darah karena perebutan dirinya.
.
Apa yang dilakukan oleh sang Putri Mandalika untuk menghindari terjadinya peperangan dan pertumpahan darah tersebut? Lalu siapa pangeran yang beruntung mempersunting Putri Mandalika? Kisahnya sudah kami tuliskan dalam artikel sejarah Putri Mandalika: http://bit.ly/2kD1qiw
.
Selengkapnya klik di : http://bit.ly/2kcV0Hp
Link Youtube : https://youtu.be/EZS55kwMyl8
.
Info ter-update seputar Wisata Pulau Lombok :
► Instagram : www.instagram.com/lomboksumbawa.travel
► Twitter : www.twitter.com/NTBTravel
► Facebook : www.facebook.com/lomboksumbawa.travel
► Website : https://www.lomboksumbawa.travel[fb_vid id=”263593500720163″]
[ad_2]

Source

Share this post

Comments (25)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *