CPNS 2018

Tes CPNS di Semarang Ricuh hingga malam, Peserta Kejar Panitia | PrayaNet



Panitia Seleksi Daerah tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 menunda pelaksanaan Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) di GOR Pandanaran, Wujil, Bergas, Kabupaten Semarang.

Penundaan itu ditetapkan karena panitia menilai pihak penyedia jasa computer jinjing dan jaringan tidak siap.

Imbasnya, ribuan orang peserta tes yang datang dari beberapa kabupaten/kota kecewa. Menyusul mereka kemarin sudah sampai di lokasi tes, dan tidak jarang ada yang menginap di hotel maupun menumpang di rumah saudaranya.

“Kecewa, sudah jauh-jauh dari Kabupaten Magelang sesampainya di sini ternyata tidak jadi tes,” kata Eka Andriyanto (31), warga Kabupaten Magelang.

Dia bersama istrinya, Khanita (29) memang menyempatkan diri untuk datang mengikuti tes formasi guru SMA. Karena tidak memungkinkan untuk dibawa ikut masuk ke ruangan, suami istri ini akhirnya menitipkan anaknya ke orang tua mereka.

“Informasinya ditunda sampai, Minggu (28/10) besok. Itupun belum bisa dipastikan, dan peserta diminta memantau situs dan media sosial resmi BKN,” imbuhnya.

Ditemui di sekitar lokasi tes, Wakil Ketua Panitia Seleksi Daerah CPNS Provinsi Jawa Tengah, Budi Wibowo menuturkan, semestinya Jumat (26/10) pagi akan digelar Computer Assisted Test (CAT) SKD. Di GOR Pandanaran Wujil, rencananya hendak digelar tiga kali sesi tes. Setiap sesinya, bakal diikuti oleh 1.000 orang peserta.

“Sejak semalam kita mengikuti terus perkembangannya, dan sampai pagi kemarin ternyata baru selesai lebi kurang 120-an unit dari total 1.000 laptop dan jaringan yang kami dibutuhkan,” tuturnya.

Menindaklanjuti hal itu, lanjutnya, Kepala Kantor Regional I Badan Kepegawaian Nasional Yogyakarta dan Sekretaris Daerah Pemprov Jawa Tengah selaku Ketua Panselda memutuskan bila pelaksanaan Tes SKD sesi 1, 2, dan sesi 3 dijadwalkan ulang pada Minggu (28/10). Atas kendala teknis itu pula, Panitia Seleksi Daerah menunda pelaksanaan tes bagi peserta Tes SKD sesi I, 2, dan sesi 3 yang seharusnya tes pada, Jumat (26/10) pagi, serta peserta ke-lima sesi yang sedianya dijadwalkan tes pada, Sabtu (27/10). Tes akan digelar mulai Minggu (28/10) dan seterusnya.

“Pembatalan serta penundaan pelaksanaan Tes SKD ini, sudah diinformasikan kepada para peserta per sesi, termasuk memberikan arahan sekaligus permohonan maaf atas pembatalan tes pada hari pertama ini,” paparnya.

Data yang dihimpun menyebutkan, jumlah peserta yang akan mengikuti Tes SKD di GOR Pandanaran Wujil tercatat ada lebih kurang 92.000 orang peserta. Di lokasi tersebut, tes berbasis komputer itu diikuti oleh peserta seleksi CPNS dari 10 kabupaten/kota. Meliputi Kabupaten Semarang, Demak, Jepara, Batang, Kudus, Pati, Rembang, Kabupaten Kendal. Kemudian Kota Semarang dan Kota Salatiga, serta peserta seleksi CPNS Pemprov Jawa Tengah. Khusus seleksi Pemprov Jawa Tengah untuk formasi guru SMA, diikuti peserta dari berbagai daerah di Jawa Tengah yang jumlahnya mencapai lebih dari 42 ribu orang peserta.

Sesuai jadwal, seluruh peserta bakal mengikuti tes mulai 26 Oktober 2018 hingga 16 Nopember 2018 mendatang. Sedangkan untuk Tes Seleksi Kemampuan Bidang (SKB), sejauh ini tidak terpengaruh karena baru akan digelar pada 22 hingga 28 November 2018 depan.

Sejalan dengan itu, Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah meminta kepastian pihak penyedia jasa agar dua hari menjelang pelaksanaan tes untuk betul-betul mengecek kesiapan seluruh sarana dan prasarana yang dibutuhkan.

“Tan Keno Ora (tidak bisa ditawar lagi-Red) harus siap semua dalam satu hari ini dan besok pun sudah final, kemudian 28 Oktober 2018 sudah bisa berjalan dan tidak boleh diundur lagi,” tegasnya.

Kabid Mutasi Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jateng Sucipto menjelaskan penundaan jadwal tes SKD tersebut disebabkan belum siapnya jaringan pada komputer yang akan digunakan untuk tes. Jaringan tersebut merupakan tanggungjawab vendor yang bekerjasama dengan Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).

Ketidaksiapan jaringan terjadi di Kabupaten Semarang dan Kota Magelang. Sementara Tes SKD di Sragen berlangsung sebagaimana jadwal. Sedangkan satu lokasi lagi, di GOR Satria Purwokerto, tes baru akan dilaksanakan pada tanggal 29 Oktober 2018. Lantaran 26-28 Oktober, Gor Satria digunakan untuk agenda roadrace.

“Yang ditunda di Kabupaten Semarang dan Magelang. Karena jaringan yang mestinya disediakan vendor belum siap. Ini bukan kewenangan kami, tapi di Panselnas,” kata Sucipto yang bertugas di Kesekretariatan Seleksi CPNS Pemprov Jateng.

https://www.suaramerdeka.com/news/baca/138810/terkendala-teknis-tes-cpns-ditunda



Halo semua rekan-rekan Abdi Negara di manapun rekan-rekan berada, kali ini kami akan membagikan soal-soal ujian masuk CPNS dari tahun ke tahun dalam bentuk PDF, yang tentu saja dapat berguna untuk menambah wawasan rekan-rekan semua.



  1. E-Book Soal CPNS ==> Unduh
  2. Kumpulan Soal CPNS Tes Karakteristik Pribadi ==> Unduh
  3. Kumpulan Soal CPNS Tes Wawasan Kebangsaan ==> Unduh
  4. Kumpulan Soal CPNS Tes Kompetensi Dasar ==> Unduh
  5. Kumpulan soal CPNS Tes Kemampuan Bidang Agama ==> Unduh
  6. Full, satu folder Kumpulan soal CPNS  ==> Unduh

*Silahkan Laporkan apabila linknya rusak atau tidak bisa diunduh.



Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close