CPNS 2018

Peserta CPNS yang Terindikasi Curang Didiskualifikasi hingga Pelarangan Daftar CPNS Tahun Berikutnya | PrayaNet



Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Novian Ardiansyah

TRIBUNJAKARTA.COM, KEMBANGAN – Peserta tes seleksi kompetisi dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dilarang keras untuk melakukan kecurangan saat mengerjaakn soal-soal ujian.

Untuk mencegah terjadinya praktik kecurangan dalam pelaksanaan tes SKD CPNS, Badan Kepegawaian Negara (BKN) pun telah membuat aturan ketat bagi para peserta.

Fitri Wikandari selaku Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyebutkan, salah satu peraturannya ialah dengan tidak memperkenankan peserta membawa alat komunikasi ke dalam ruangan.

“Yang jelas hanya boleh diperkenankan bawa kartu ujian dan kartu identitas berupa KTP karena log in-nya menggunakan NIK sama seperti mendaftar,” kata Fitri di Ruang MH Thamrin, Kantor Wali Kota Jakarta Barat, Minggu (28/10/2018).

Bahkan, lanjut Fitri, para peserta pun dilakukan sejumlah pemeriksaan guna memastikan tidak alat komuniksi yang lolos ke dalam ruang ujian.

“Di sini screening-nya, filter-nya berlapis dari awal registrasi sampai di sini body checking dengan menggunakan metal detector. Itu kita menghindari hal-hal kecurangan, misal ada yang menggunakan alat penghubung, alat komunikasi, nah itu kita menggunakan metal detector,” tutur Fitri.

“Ikat pinggang pun kita lepas supaya enggak ada transmitter atau pemancar di situ. Hal-hal seperti itu kita perhatikan sekali karena sudah SOP kami,” sambungnya.

Jika nantinya ada peserta yang kedapatan melakukan kecurangan, BKN selaku panitia seleksi pun akan menindak tegas dengan memberikan sanki hukuman.

“Sanksi yang diberikan, satu dia dikeluarkan, dianggap gagal dalam ujian. Entah dia memenuhi passing grade atau tidak. Ketika dia melakukan kecurangan atau baru terindikasi melakukan kecurangan itu gagal, didiskualifikasi,” ujar Fitri.

Selain didiskualifikasi, sanski berupa pelarangan untuk mendaftar sebagai CPNS pun juga bisa dikenakan terhadap peserta yang melakukan kecurangan.

“Yang kedua NIK-nya diblokir, dia enggak bisa mendaftar CPNS tahun berikutnya. Biasanya satu tahun berjalan sampai saat ini sesuai peraturan,” kata Fitri.

Fitir menjelaskan, diberlakukannya sanksi-sanksi itu bertujuan untuk mendapatkan peserta CPNS yang benar-benar baik dalam arti kata jujur dan bersih.

“Itu sebagai satu penalty hukuman bagaimana kita mau merekrut birokrat yang jujur dan bersih. Ketika mereka di sistem rekrutmen saja sudah mulai tidak jujur dengan hal itu kan bagaimana bisa,” tutur Fitri.

Simak videonya di atas.(*)



Halo semua rekan-rekan Abdi Negara di manapun rekan-rekan berada, kali ini kami akan membagikan soal-soal ujian masuk CPNS dari tahun ke tahun dalam bentuk PDF, yang tentu saja dapat berguna untuk menambah wawasan rekan-rekan semua.



  1. E-Book Soal CPNS ==> Unduh
  2. Kumpulan Soal CPNS Tes Karakteristik Pribadi ==> Unduh
  3. Kumpulan Soal CPNS Tes Wawasan Kebangsaan ==> Unduh
  4. Kumpulan Soal CPNS Tes Kompetensi Dasar ==> Unduh
  5. Kumpulan soal CPNS Tes Kemampuan Bidang Agama ==> Unduh
  6. Full, satu folder Kumpulan soal CPNS  ==> Unduh

*Silahkan Laporkan apabila linknya rusak atau tidak bisa diunduh.



Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close