Lombok Timur Banjir

Lombok Timur Banjir

Banjir menerjang empat kecamatan di Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Sabtu (18/11). Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB Muhammad Rum mengatakan, banjir terjadi pada sekitar pukul 17.30 Wita. Penyebabnya, lantaran curah hujan yang cukup tinggi di wilayah tersebut yang mengakibatkan meluapnya dua embung di Bendungan Pandandure.

 


Rum mengatakan, lokasi yang terdampak banjir meliputi Desa Stingkep Lingsar, Batu Putek, Sapit, Senyiur, Batu Rampes, dan Bintang Oros di Kecamatan Keruak; Desa Sepapi dan Pebendem di Kecamatan Jerowaru; Desa Suangi di Kecamatan Sakra; serta Desa Gunung Rajak di Kecamatan Sakra Barat.

 

Rum menambahkan, banjir ini juga membuat akses jalan di Jalur Praya dari Kabupaten Lombok Tengah ke Kabupaten Lombok Timur lumpuh total, seperti di Keruak, dan dari Sepapan menuju Jerowaru. Selain itu, Rum menjelaskan, terdapat satu korban jiwa atas banjir kali ini, namun ia belum bisa menjelaskan identitas korban.
“Dilaporkan satu orang korban jiwa terkena reruntuhan rumah,” ujar Rum di Mataram, NTB, Ahad (19/11).
BPBD NTB bersama BPBD Lombok Timur telah melakukan berbagai upaya guna meminimalisir terjadinya korban, antara lain dengan membantu evakuasi. Rum mengungkapkan, masyarakat terdamlak banjir saat ditampung di rumah keluarga tidak terkena banjir dan juga sejumlah mushala.
“Masyarakat untuk malam ini membutuhkan selimut, tenda, dan terpal,” kata Rum menambahkan.
Berikut ini kami sampaikan kronologinya berdasarkan hasil pemantauan warga sekitar;

 

  1. Hari ini sabtu tgl 18 november 2017 jam 17.30 wita, telah lh terjadi hujan yg cukup tinggi, yg mengakibatkan jembatan  Penendem Desa Sepapn Kec. Jerowaru perbatasan dengan Kec. Keruak yg jebol.
  2. Akibat dr jembatan jebol tersebut mengakibatkan jembatan senange demeluap sehingga mengakibatkan kampung Senange, Montonng Wasi, heler dan kampung Penendeng bagian selatan terbawa air.
  3. Info sementara bahwa sebagian besar rumah yg berada dikampung tersebut diatas rumahnya hanyut terbawa air
  4. Saat ini belum dapat dilakukan identifikasi adanya korban jiwa namun kerugian materil, kemungkinan besar akan ada korban jiwa dikarenakan kejadian sangat tiba-tiba dan warga sebagian besar berada didlm rumah.
  5. Akses jalan dari Loteng ke Lotim jalur Praya – Keruak lumpuh dan Sepapan menuju Jerowaru lumpuh total
  6. Saat ini  Tim BPBD dan  dan Personil Polri melakukan langkah awal dengan membantu evakuasi warga.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *