Adakah Solusi Untuk Bebaskan Sampah di Destinasi Wisata Halal Lombok?

Adakah Solusi Untuk Bebaskan Sampah di Destinasi Wisata Halal Lombok?

[ad_1]
Adakah Solusi Untuk Bebaskan Sampah di Destinasi Wisata Halal Lombok?
.
Menurutmu bagaimana??
Baca selengkapnya lalu komentar ya, mungkin ada ide ide bagus yang bisa ditampung dan disampaikan ke pemerintah ๐Ÿ™‚
.
Pulau Lombok di Nusa Tenggara Barat (NTB) yang mengantongi predikat sebagai destinasi wisata halal terbaik di dunia sedang berjibaku dengan persoalan sampah. Sebagai destinasi wisata, pulau di sebelah timur Bali itu harus bisa tampil bersih.
.
Kamis, 13 April 2017 lalu, tiga menteri juga sibuk mencari solusi soal sampah Bali. Mereka itu adalah Menkomar Luhut Binsar Pandjaitan, Menpar Arief Yahya dan Menhub Budi Karya Sumadi, yang mencari solusi sampah di Bali itu. Bahkan mereka juga mengundang Jakpro Jakarta Propertindo dan satu perusahaan pengolah sampah di Benowo, Surabaya.

Namun, bersih saja belum cukup. Person in Charge (PIC) Mandalika dari Pokja Percepatan 10 Destinasi Prioritas Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Taufan Rahmadi mengatakan, Kamis 13 April 2017 ada rapat koordinasi di Kementerian Koordinator Kemaritiman. Menurutnya, upaya menangani sampah di Pulau Lombok perlu melibatkan masyarakat.
.
Rahmadi mengaku telah berdiskusi dengan pakar dari Eco Green Nusantara untuk manajemen pengelolaan sampah. โ€œEco Green Nusantara adalah sebuah wirausaha sosial yang bergerak dalam bidang pengolahan sampah di NTB,โ€ ujar Taufan.
.
Selengkapnya :
https://www.lombokonline.co.id/2692/adakah-solusi-untuk-bebaskan-sampah-di-destinasi-wisata-halal-lombok.html

Adakah Solusi Untuk Bebaskan Sampah di Destinasi Wisata Halal Lombok?

Pulau Lombok di Nusa Tenggara Barat (NTB) yang mengantongi predikat sebagai destinasi wisata halal terbaik di dunia sedang berjibaku dengan persoalan sampah
[ad_2]

Source

Share this post

Comments (24)

  • Yani Hariyani Reply

    Mengedukasi masyarakat tentang sampah penting tetapi lebih penting itu pendampingan dari pemrintah jauh lebih penting, bagaimana masy mau buang sampah pada tempatnya klo tempat membuangnya tidak ada..disaat masrykat sadar akan sampah malah pmrintah tidak menyambut nya..contoh kecil di kampung saya masy mau tertib buang sampah namun dr pemerintah tdk satupun yg datang mengambil tumpukan sampah itu..lama tertimbun kan menimbulkan polusi udara dan penyakit lainnya…masry dan pemerintah kita blm bisa bersinergi..klo kt kutib kata2 inak2 di kampung sy sprt ini.”ite ape lalok laguk datu ne ndek ne wah serius urus ite “sampah” iye terpakse jarin teteh taok bengan”..

    November 24, 2017 at 1:26 am
  • Jayadi Suwito Reply

    Coba belajar Di India sampah plastic dijadikan bahan pembuat jalan seperti aspal, jika semua sampah plastik bs didaur ulang dan diajdikan bahan pengganti aspal Saya rasa semua gang2 dan jalan2 kecil bs dibuat dengan bahan ini, miris emang melihat pemandangan sampah dimana2 dilaut, disungai, pinggir pantai, tempat2 wisata dan sedihnya Lagi Di Gunung Rinjani penuh dengan sampah, klu tidak pemerintah daerah/ propinsi membeli sampah plastic semua jenis Saya rasa tdk akan ada sampah plastik lg di Lombok, mungkin Ini bs membantu

    November 24, 2017 at 1:26 am
  • Nurhidayati Atiek Reply

    Hrs ada dinas kebersihannya yg menangani sampah untuk objek wisata maksudnya seandainya di
    pantai yg telah ada hotelnya itu tanggung jawab pemilik hotel atau yg punya tanah dipesisir pantai hrs ada tong sampahnya disetiap obyek wisata dan pengunjung tdk membuang sampah sembarang bila pengunjung membuang sampah sembarangan dikenakan dendan hrs ada perdanya dan buat plang2 jangan buang sampah sembarangan atau merusak tempat wisata dikenakan denda dg perda no….dan setiap tempat wisata ada petugas kebersihan dan penjaganya digaji oleh pemilik tanah yg mempunyai tanah deket sana atau pemilik tanah deket wisata dikenakan pungutan ya jng banyak sih tergantung luas tanahnya itu ada perdanya dan uang pakai gaji petugas kebersiha dan penjaganya semoga tempat wisata lombok menjadi bersih dan asemua orang happy kelombok I Love You Lombok….๐Ÿ˜

    November 24, 2017 at 1:26 am
  • Islah Ummah Reply

    menurut saya, perlu diadakan tempat sampah di tempat wisata, bahkan di seluruh lombok, mbak Aisyah Odist semoga ada progressnya hasil kunjungan ke jepang dengan problem ini..

    November 24, 2017 at 1:26 am
  • Uky Syukri Reply

    Bilang aja ke masyarakat setempat maupun turis luar,kalo buang sampah di pantai lombok di denda trus jangan lupa pihak pemerintah juga MENGAWASI simple khan’…??

    November 24, 2017 at 1:26 am
  • Rame Rejzek Reply

    Beri penyuluhan kpda masyarakat, sediakan tong” sampah di tempat2 wisata n kota2. Sediakn petugas kbersihan d tmpat tumpuan pariwisata n pnguat kuasaan undang2 yg mndenda orang2 yg buang sampAh sembarangan.
    Insaallh bersih.(kyk d mlysia) itu sich yg saya liat d sini.

    November 24, 2017 at 1:26 am
  • Amenk Ya Papa's Reply

    Araq kepeng pasti enteng… serap para pekerja kebersihan berikan gaji bulanan tebarkan di seluruh lokasi wisata dan ruas ruas jalan serta sediakan tempat2 pembuangan sampah.

    November 24, 2017 at 1:26 am
  • Jin Reply

    Hrs di sediakan tmpt2 sampah dsetiap komplek,bila perlu dsetiap pinggir jln hrs ada,lalu memberikan sangsi peringatan bagi yg membuang smph sembarangan akn dikenakan denda,,

    November 24, 2017 at 1:26 am
  • Fathimah Nurmala Sari Reply

    edukasi masyarakat n wisatawannya.. dukasinya harus continuen dievaluasi berkala,,gk cuma sekali dua kali.. ditambah petugas kebersihan,,

    November 24, 2017 at 1:26 am
  • Fatih Trune Reply

    Kita harus edukasi wisatawan utk sadar wisata dan bekerja sama dengan komunitas-komunitas orang yg peduli wisata
    Skrg sudah ada beberapa komunitas nya ..

    November 24, 2017 at 1:26 am
  • RahmatHaryanto SusanChandra Reply

    masyarakat yg tidak bekerja di tarik saja jd pegawai kebersihan berikan gaji yg layak sesuai dgn kebutuhan hidup nya

    November 24, 2017 at 1:26 am
  • Jeon Jungkook Reply

    Harusnya d lombok ada petugas sampah ada mobil sampah ,,, trus larang masyarakat buang sampah sembarangan ,,, jika buang sampah sembarangan harus d denda ,,,,

    November 24, 2017 at 1:26 am
  • Neng Gelis Reply

    Ambil pekerja untuk bersihkn smpah / kelining servis so sampah bersih jga bisa mngrangkn pengangguran

    November 24, 2017 at 1:26 am
  • Mittaku Reply

    Kebanyakan dari kita.. Gak begitu peduli dgn kebersihan Pantai.. Padahal PANTAI LOMBOK itu sangat2 bagus.. Jika di bandingkan dgn Bali.. Pantai Lombok lebih bagus,, namun jelekx sebagian besar dari kita orang Lombok ini gak bgtu peduli dgn kebersihan Pantai. contoh Nyata kita main sama teman2 ke Pantai.. ada yg sengaja bawa bekal dari rumah.. Trus.. Ada bungkus2 jajan.. Itu sengaja kita tinggal di tempat kita duduk di pantai tersebut.. Belum lagi para pedagang2 keliling.. Yg jualan minuman dan sbgaix. Di pantai.. Orang2 pada belanja.. Namun bungkusx di buang bgtu saja di pantai.. Di tambah lagi.. Para pedagang2 yg ada di tepi Pantai.. Yg banyak sampahx sudah numpuk banyak..di diemin… Sangattt memprihatinkan … Melihat pemandangan tersebut… Sangat di sayangkan Pantai2 Lombok yg indah.. Keindahannya berkurang hanya karena ketidak pedulian kita terhadap sampah yg kita buang sembarangan di Pantai.. Itu.. SOLUSINYA TENTU ..YG PALING UTAMA adl di awali dari diri kita masing2 utk tidak buang sampah sembarangan.. 2. Penggalakan kebersihan pantai dari pemerintah.. Tentu dsni.. Mempeketjakan para petugas kebersihan pantai.. Serta penertiban utk para pedagang2 yg di tepi pantai.,utk benar2 menjaga kebersihan.. Dan para pedagang Asongan.. Juga di tertibkan.Terima kasih.demikian pendapat dari saya ,,Admin#Pulau Lombok

    November 24, 2017 at 1:26 am
  • Sonny Reply

    Cobain kayak d pantai Kute bali, tiap sore ada petugas Pembersih Sampahnya…. Mohon d perhatikan juga kondisi pantai senggigi yg memprihatinkan ๐Ÿ™ pantainya bagus tp banyak Perahu tua yg d biarkan terdampar begitu saja… Mohon untuk d pindahkan biar pantainya makin luas & gk sempit seperti sekarang ini.

    November 24, 2017 at 1:26 am
  • Burhan Zaini Reply

    Edukasi diri sendiri dan keluarga (untuk setiap penikmat destinasi wisata)

    November 24, 2017 at 1:26 am
  • Fitria Mulyana Reply

    edukasi masyarakat perlu banget, noted itu yg paling penting

    November 24, 2017 at 1:26 am
  • Aby Dara Syukri Reply

    RasAnya susah buat kita untuk bersih di pantai

    November 24, 2017 at 1:26 am
  • Asri Asri Reply

    Membersihkan kan sampah bersama,, dgn kerja bakti, dan harus di sedia kn tempat, ” sampah, di tepi jalan, dan sedia kan tempat sampah, di tempat wisata, karna pulau Lombok n laut nya sgt cantik, jangan sampai keindahan nya rusak oleh sampah,,yg berserakan,,tu memerlukan kepedulian kta semua ,untuk menjaga keindahan kebersihan tmpt,” wisata.

    November 24, 2017 at 1:26 am
  • Aisyah Odist Reply

    Progress siap…. asalkan serius dan fokus.kalo sebatas kunjungan dan wacana ,ngk bisa…..

    November 24, 2017 at 1:26 am
  • Saepudin Egol Reply

    Harus ada materi khusus atau mata pelajaran tentang kebersihan dan dampak dari sampah di setiap sekolah2 dari SD sampai perguruan tinggi, insyaallah

    November 24, 2017 at 1:26 am
  • Eli SB Reply

    Caranya mudah dan ampuh, tuk nyelesaikan masalah sampah, bagi wisatawan coba di larang bawa kantong plastik pas tuu, yang jualan di larang guna bungkusan plastik ,pokoknya buat pulau bebas plastik ,tuu kan habis cerita sampah…

    November 24, 2017 at 1:26 am
  • Wiro Sableng Reply

    Yg plng utama sekali ya sediakan banyak tong sampah & psng bnyk2 sign board yg mngatakan dilarang membuang sampah sembarangan denda 100.000 jika membuang sampah sembarangan.

    November 24, 2017 at 1:26 am
  • Rina Susanti Reply

    Komen Date =>11:43:51 17/04/2017 < = 1050 hari hari yang sepi.... => :* : “jum’at” =>uwgxzhpbaqfacngtzckt<=

    November 24, 2017 at 1:26 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *